20 Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat yang Mengharukan

20 Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat yang Mengharukan by Ucapakankata.my.id

Perpisahan menjadi momen mengharukan ketika peristiwa itu mungkin adalah momen terakhir bagi Anda bertemu dengan orang yang berarti dalam hidup Anda. Salah satunya adalah sahabat yang telah menjadi sandaran ketika Anda merasa tidak kuat menjalani hidup. Bila Anda bingung bagaimana memberikan ucapan selama tinggal, kumpulan kata-kata perpisahan untuk sahabat dalam artikel ini dapat menjawab kebutuhan Anda itu.

Kepergian sahabat dari sisi Anda menjadi salah satu momen yang mungkin tidak ingin Anda rasakan. Sayangnya, adakalanya hidup berkata lain dan Anda harus menerima kenyataan tersebut. Memberikan kata-kata perpisahan bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan kepergian sahabat Anda.



Tidak hanya ucapan selamat tinggal, Anda juga bisa menyisipkan harapan-harapan untuk sahabat dalam kata-kata perpisahan. Entah harapan untuk dapat bertemu lagi suatu hari nanti atau hanya ungkapan rasa terima kasih atas apa yang telah dia lakukan selama ini untuk Anda.


Arti sahabat bukan hanya sosok yang telah berada di samping Anda untuk waktu yang lama, tapi juga seseorang yang mau menjadi sandaran Anda walaupun baru bertemu dalam waktu singkat. Beberapa contohnya adalah sahabat yang Anda jumpai di perguruan tinggi ketika melanjutkan pendidikan, di tempat kerja, ataupun melalui dunia maya.



Kata-kata perpisahan untuk sahabat dalam artikel ini bisa Anda gunakan untuk beragam situasi. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini!


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Sekolah


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Mahatma Gandhi


1. Kenangan Bersama


Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah. Trey Parker


Berpisah dengan sahabat yang telah membuat kehidupan sekolah Anda berwarna memang tidak mudah. Namun, hidup terus berjalan dan Anda harus menerima kenyataan kalau Anda dan sahabat memiliki mimpi masing-masing yang ingin diwujudkan.


Beri tahu kepada sang sahabat kalau perpisahan tidak memiliki arti apa-apa selama kenangan saat menghabiskan waktu bersama tidak dilupakan. Sama seperti apa yang disampaikan kutipan kata-kata perpisahan untuk sahabat dari Trey Parker di atas.


2. Petualangan Baru


Waktunya untuk mengatakan salam perpisahan, tapi aku pikir ‘selamat tinggal’ itu menyedihkan dan aku lebih suka mengucapkan ‘halo’. Halo untuk petualangan baru. Ernie Harwell


Perpisahan bagi kebanyakan orang mungkin akan meninggalkan kesedihan. Padahal sebuah perpisahan dapat memiliki arti yang lebih positif jika orang-orang menggunakan kata-kata yang tepat.


Contohnya saja kutipan dari Ernie Harwell di atas yang mengganti ucapan selamat tinggal menjadi kata halo. Pemberian kata halo akan memberikan pemikiran positif kepada pendengarnya karena menunjukkan sebuah awal baru. Jadi,  Anda jangan selalu berpikir bahwa perpisahan itu selalu menyedihkan, ya.


3. Tidak Diukur oleh Jarak


Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati. Anonim


Jarak mungkin bisa menjadi penghalang untuk bertemu dengan sahabat setelah kelulusan. Namun, jika persahabatan Anda dan dia benar-benar tulus, rasanya mengorbankan sedikit waktu untuk bertemu dengan satu sama lain tidak akan berat.


Kutipan di atas dapat Anda kirimkan kepada sang sahabat untuk menyampaikan bahwa persahabatan kalian memang benar-benar berarti. Selain itu, pesan dalam kutipan tersebut bisa menjadi pengingat untuk saling berkomunikasi meskipun hanya lewat telepon.


Baca juga: Kata-Kata Sedih Kecewa untuk Mengungkapkan Rasa Kesal dan Sakit Hati


4. Tidak Ada Selamat Tinggal


Tidak ada perpisahan di antara kita. Di mana pun kamu berada, kamu akan selalu ada di hatiku. Mahatma Gandhi


Perpisahan tidak akan memiliki arti jika Anda selalu mengingat sang sahabat dalam hati. Meski Anda dan sahabat tidak berada di tempat yang sama, tetapi memori yang tersimpan dapat menjadi obat penawar rindu.


Sampaikan kata-kata perpisahan untuk sahabat Anda dengan kutipan dari Mahatma Gandhi di atas. Beri tahu bahwa persahabatan yang Anda jalin dengannya akan tetap ada meskipun telah dipisahkan oleh jarak.


5. Untuk Bertemu Lagi


Jika tidak ada perpisahan, kamu tidak akan merasakan kebahagiaan ketika dapat bertemu lagi. Anonim


Banyak orang mungkin memiliki keinginan untuk tidak berpisah dengan orang-orang tersayang. Sayangnya, harapan itu tidak selamanya akan dikabulkan karena hidup memang tidak dapat diprediksi.


Anggap saja perpisahan sebagai cara baru untuk dapat dipertemukan lagi nantinya. Perasaan bahagia karena telah lama menanti juga akan menyadarkan Anda untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang ada.


Baca juga: Meluapkan Perasaan Lewat Kata-Kata buat Mantan Pacar


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat di Tempat Kerja


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Vera Lynn


1. Awal dan Akhir


Setiap awal baru datang dari awal yang sudah berakhir. Semisonic


Semua hal yang memiliki awal jika waktunya sudah tiba pasti akan berakhir. Sama seperti ketika Anda pertama kali bertemu dengan sahabat di kantor, akan ada masanya di mana Anda dan dia akan berpisah.


Jika sahabat Anda memutuskan untuk berhenti bekerja, jangan bebani dia dengan kesedihan Anda. Sebagai teman yang baik, kirimkan kepadanya pesan motivasi agar dia tahu kalau Anda mendukung apa pun keputusannya.


2. Akan Bertemu Lagi


Kita akan bertemu lagi. Tidak tahu di mana, kapan waktunya, tapi aku tahu kita akan berjumpa lagi, di suatu hari yang cerah. Vera Lynn, We’ll Meet Again


Kebanyakan orang-orang merasa sedih ketika harus berpisah dengan orang tersayang karena takut tidak akan bertemu lagi. Padahal jika saja ketakutan itu diubah menjadi sebuah harapan agar dapat bertemu kembali, rasa sedih karena harus berpisah tidak akan memiliki arti apa-apa.


Seperti yang dikatakan oleh Vera Lynn dalam lagunya berjudul We’ll Meet Again dalam kutipan di atas. Anda dapat menyisipkan kutipan kata-kata perpisahan tersebut sebagai status media sosial untuk sahabat.


3. Kenangan yang Tidak Akan Hilang


Datang bekerja setiap hari dan tidak melihat wajah riangmu akan menjadi sebuah penderitaan. Tapi, kenangan bahagia yang kita bagikan di tempat kerja tidak akan pernah hilang. Selamat tinggal. Anonim


Salah satu yang mungkin menjadi penyemangat Anda bekerja adalah bertemu dengan sahabat yang selalu membagikan energi positif ke orang-orang sekitarnya di kantor. Anda yang awalnya merasa lesu akan ikut merasa termotivasi.


Namun, apa yang terjadi jika sahabat Anda tersebut memilih resign dan ingin memulai karier baru? Rasa sedih mungkin akan terbesit dalam benak Anda. Tetapi, jangan biarkan kesedihan Anda menghalangi sang sahabat, ya, karena dia juga berhak menentukan jalan hidupnya sendiri.


4. Sampai Ketemu Lagi


Teman baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengucapkan sampai jumpa lagi. Anonim


Ucapan sampai jumpa lagi yang dilontarkan ketika berpisah dengan sahabat Anda menunjukkan sebuah harapan untuk dapat bertemu lagi. Meski mungkin Anda perlu menanti entah berapa lama, setidaknya itu lebih baik daripada melepaskan kepergiannya dengan tangis air mata.


Sahabat yang akan memulai lembaran baru dalam kariernya juga akan merasa bersyukur karena Anda secara tidak langsung memberikan energi positif kepadanya. Kata-kata perpisahan untuk sahabat di atas bisa Anda kirimkan secara langsung atau dijadikan sebagai status di media sosial.


5. Semoga Mimpimu Tercapai


Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat dan teman kerja yang baik. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai. Anonim


Memberikan harapan kesuksesan kepada sahabat di tempat kerja yang ingin memulai karier baru lebih baik daripada menangisi kepergiannya. Selain dapat memotivasinya untuk tetap positif terhadap masa depan, dia juga bebas dari rasa bersalah karena telah meninggalkan Anda.


Sahabat yang ingin mewujudkan mimpinya memang harus didukung karena dia juga berhak untuk merasakan kepuasan setelah apa yang diinginkan sejak lama tercapai. Kata-kata perpisahan untuk sahabat di atas rasanya dapat mewakili dukungan Anda tersebut.


Baca juga: Ungkapkan Kekesalan Anda buat Pacar Melalui Kata-Kata Sindiran Ini


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Sejati


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Eleanor Roosevelt


1. Meninggalkan Jejak


Banyak orang akan masuk dan keluar dari hidupmu, tapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak dalam hatimu. Eleanor Roosevelt


Dalam hidup, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang akan membuat Anda bahagia atau malah terluka. Jika orang-orang tersebut telah memberikan arti tersendiri dalam hidup, kenangan mereka akan selalu dikenang meskipun telah pergi jauh.


Salah satunya adalah sahabat sejati yang telah menemani Anda dalam keadaan apa pun. Kepergiannya tentu akan meninggalkan jejak dalam hati Anda seperti apa yang dikatakan oleh Eleanor Roosevelt di atas.


2. Di Balik Perpisahan


Perpisahan membuatmu berpikir dan sadar akan apa yang pernah kamu miliki, apa yang telah hilang, dan apa yang telah kamu anggap remeh. Ritu Ghatourey


Apa yang dikatakan oleh Ritu Ghatourey dalam kutipan di atas memang ada benarnya. Karena selalu berpikir bahwa sahabat akan selalu ada untuk Anda, kata perpisahan mungkin tidak ada dalam benak Anda.


Maka dari itu, kutipan tersebut seperti sebuah pengingat untuk tidak menganggap remeh apa yang sudah dimiliki. Anda mesti sadar kalau tidak ada yang permanen dalam hidup ini dan selalu bersyukur atas apa yang Anda punya.


3. Ingat Aku


Ingatlah aku dan tersenyumlah, karena akan lebih baik melupakan daripada mengingatku dan menangis. Dr. Seuss


Jika perpisahan hanya akan memberikan luka, memang lebih baik untuk dilupakan saja. Namun, kalau Anda berpisah dengan sang sahabat yang telah setia berada di samping Anda dalam suka maupun duka, sepertinya sulit untuk melupakannya.


Maka dari itu, daripada terus-terusan menangisi kepergian sang sahabat, lebih baik Anda mengingat-ingat momen-momen ceria yang Anda habiskan bersamanya. Dia akan ikut merasa bahagia dan tidak terbebani dengan pemikiran bahwa Anda merasa sedih dengan kepergiannya.


4. Jangan Katakan Selamat Tinggal


Jangan pernah ucapkan salam perpisahan karena selamat tinggal berarti pergi dan pergi memiliki makna melupakan. J.M. Barrie, Peter Pan


Satu hal yang ditakutkan dari perpisahan adalah kenangan Anda dengan sahabat akan terlupakan karena waktu dan jarak yang memisahkan. Maka dari itu, wajar bila J.M. Barrie menuliskan ketakutannya dalam novel karangannya, Peter Pan.


Namun, ketakutan itu sebenarnya dapat diakali dengan cara saling berkomunikasi meskipun tidak sesering ketika sebelum berpisah. Dengan begitu, kenangan yang Anda buat dengan sahabat tidak akan mudah pudar oleh waktu.


5. Sebuah Keberuntungan


Betapa beruntungnya aku memiliki sesuatu yang membuat mengucapkan salam perpisahan begitu sulit. A.A. Milne (Winnie the Pooh)


Kadang Anda akan berpisah dengan sahabat tersayang karena suatu hal. Jika sahabat Anda berkata bahwa dia sulit untuk melepas kepergian Anda, balas saja dengan kutipan dari A.A. Milne di atas.


Pesan balasan tersebut menunjukkan bahwa Anda sangat mengapresiasi persahabatan Anda dengan sahabat. Jangan lupa yakinkan dirinya bahwa jika takdir mengijinkan, Anda dan dia pasti akan dipertemukan lagi.


Baca juga: Buat Pasangan Anda Merasa Dicintai dengan Kata-Kata Cinta & Romantis Ini


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat dari Lagu


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Linda Ronstadt


1. Selamat Tinggal Selamanya


Selamat tinggal sahabatku. Kutahu aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Tapi, kenangan kebersamaan kita akan menghilangkan air mata ini. Linda Ronstadt, Goodbye My Friend


Apa yang Anda rasakan jika tiba-tiba sahabat Anda ternyata pergi untuk selama-lamanya? Kesedihan yang mendalam mungkin Anda alami karena tidak menyangka bahwa kejadian itu menimpa dirinya.


Namun, semuanya sudah terlambat dan yang bisa Anda lakukan hanyalah memberikan ucapan selamat tinggal. Petikan lirik lagu Goodbye My Friend dari Linda Ronstadt di atas bisa menjadi pesan yang ingin Anda sampaikan ketika tidak mampu merangkai kata-kata lain.


2. Tinggal Telepon


Ke mana pun kamu pergi, ketahuilah kalau kamu tidak sendiri. Hubungi aku agar aku bisa datang dan menyelamatkan harimu. Charlie Puth, One Call Away


Adanya telepon sebagai alat komunikasi memudahkan seseorang untuk dapat saling berkirim kabar dengan orang-orang tersayang ketika jarak yang jauh tidak memungkinkan kalian berdua untuk bertemu. Tak terkecuali Anda dan sahabat yang mungkin sudah tidak sabar untuk dapat bertukar cerita.


Lirik lagu One Call Away yang dilantunkan oleh Charlie Puth di atas bisa Anda kirimkan kepada sang sahabat yang akan pindah ke tempat jauh. Meski berbicara di telepon mungkin tidak memberikan kepuasan yang sama ketika bertemu tatap muka, setidaknya rindu Anda akan sedikit terobati.


3. Berpisah untuk Mengejar Mimpi


Hari-hari di mana kita tumbuh bersama akan selalu kita simpan. Buatlah ceritamu sendiri, bermimpilah seakan kamu hidup abadi, dan hiduplah seolah kamu akan mati hari ini. One Ok Rock, C.h.a.o.s.m.y.t.h


Beberapa orang bertemu dengan sahabatnya ketika dewasa, tetapi ada juga yang memiliki sahabat sejak dari kecil. Mungkin salah satunya adalah persahabatan Anda dengan sahabat. Sayangnya, perpisahan mungkin tidak bisa terelakkan ketika Anda dan dia memiliki mimpi masing-masing yang ingin diwujudkan.


Daripada memberikan ucapan perpisahan yang akan mengundang air mata, lebih baik mengatakan pesan motivasi seperti yang dilantunkan dalam lirik lagu dari One Ok Rock di atas. Dengan begitu, sahabat Anda akan lebih bersemangat lagi untuk menggapai impiannya.


4. Jangan Lupakan Aku


Aku ingin menulis sebuah lagu yang dapat mengingatkan hatimu tentangku. Jadi, kapan pun aku pergi, kamu dapat mendengarkannya dan menyanyikannya. One Direction, I Want to Write You a Song


Lagu adalah salah satu media terbaik untuk menyampaikan perasaan kepada seseorang yang sangat berarti untuk Anda. Dalam lagu I Want to Write You a Song, grup vokal One Direction menyampaikan salam perpisahannya melalui keinginan untuk menuliskan sebuah lagu.


Nah, jika Anda akan pergi ke tempat jauh, hadiahkan saja sebuah playlist yang berisi lagu-lagu seperti dari One Direction di atas kepada sahabat Anda. Dengan begitu, setiap sang sahabat mendengarkan playlist tersebut, dia akan selalu ingat tentang Anda.


5. Sahabat Terbaik


Kamu adalah sahabat terbaik yang pernah aku miliki. Aku bersamamu sudah sejak lama. Kamulah matahariku dan aku ingin kamu mengetahuinya. Queen, You’re My Best Friend


Lirik lagu You’re My Best Friend yang dibawakan oleh band Queen di atas sepertinya cocok untuk Anda yang suka mengutarakan perasaan tanpa banyak basa-basi. Kirimkan saja kata-kata perpisahan tersebut untuk sahabat Anda ketika dia berpamitan untuk pergi.


Tidak perlu membandingkan diri dengan orang-orang yang mampu merangkai kata-kata indah selama Anda bersungguh-sungguh dengan isi pesan Anda. Lagi pula, sahabat Anda lebih tahu karakter Anda daripada orang lain dan akan tetap mengapresiasi perhatian yang Anda berikan.


Baca juga: Kata-Kata Kecewa untuk Seseorang sebagai Bentuk Luapan Perasaan


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Manakah yang Menyentuh Hati Anda?


Demikian kumpulan kata-kata perpisahan untuk sahabat yang telah kami rangkum. Anda tinggal memilih kutipan mana yang sekiranya dapat mewakili perasaan Anda untuk salam perpisahan kepada sahabat tersayang. Kutipan tersebut bisa Anda tulis di atas kartu ucapan atau menyisipkannya sebagai status di media sosial.


Selain artikel ini, masih banyak artikel tentang kumpulan kata-kata menarik lainnya di PosBagus. Beberapa di antaranya adalah kata-kata bijak, cinta romantis, dan motivasi untuk semangat bekerja. Selamat membaca!





Nantikan terus informasi terupdate seputar Contoh Surat, Quotes, Kata-Kata dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Ucapakankata.my.id. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow dan ikuti Ucapakankata.my.id. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama