Kata-Kata Bijak & Mutiara yang Akan Menyuntik Semangat

Kata-Kata Bijak & Mutiara yang Akan Menyuntik Semangat by Ucapakankata.my.id

Anda sedang merasakan putus asa atau lelah dalam menjalani kehidupan? Entah itu karena mengejar cinta, kesuksesan, kebahagian, dan hal lainnya. Jika sedang mengalami fase tersebut, cobalah untuk membaca kata-kata mutiara yang bijak tentang kehidupan yang ada di artikel ini.

Kehidupan itu seperti roda yang terus berputar, adakalanya Anda berada di atas, pun ada saatnya di bawah. Terkadang juga akan melewati jalan yang mulus, atau lewat jalan yang penuh kerikil tajam. Melalui kata-kata mutiara bijak di artikel ini, Anda akan tahu pahit manis menjalani hidup.



Terlebih saat Anda sedang berusaha meraih kesuksesan, jatuh bangun itu sudah menjadi hal yang biasa. Lantas, ketika dihadapkan dengan kegagalan, hal apakah yang akan Anda lakukan? Apakah menyerah begitu saja atau bangkit dan memulai hal baru lagi? Tentu Menyerah bukanlah suatu tindakan yang tepat. Sudah sepantasnya Anda belajar dari setiap kegagalan yang menimpa Anda.


Sudah sepantasnya Anda belajar dari setiap kegagalan yang menimpa Anda. Dengan begitu, kesuksesan akan semakin mudah untuk Anda raih. Terlebih jika dari kegagalan itu Anda bisa memetik banyak pelajaran dan ilmu untuk memperbaiki diri.



Nah, untuk menambah lagi semangat dan motivasi diri, langsung saja baca kutipan-kutipan yang ada di bawah ini. Semoga dengan membacanya, semangat yang sempat padam bisa berkobar kembali.


Kata-Kata Bijak Singkat untuk Meraih Kesuksesan


Kata-Kata Bijak - Michael Jordan


1.  Terus Mencoba


Tuhan tidak mengharuskan kita sukses, Tuhan hanya mengharapkan kita mencoba. Mario Teguh


Di dunia ini, orang mana yang tidak ingin kesuksesan menyertai hidupnya? Tentu, semua orang ingin hidup dalam kesuksesan dan Anda mungkin adalah salah satunya. Namun, apakah kesuksesan itu teramat sulit untuk Anda raih?


Sudah berapa kali percobaaan yang Anda lakukan gagal? Jangan menyerah, hidup ini bukan hanya soal kesuksesan. Ingatlah selalu kata-kata bijak singkat dari Mario teguh ini, bahwasanya sukses itu bukanlah keharusan, teruslah mencoba.


2.  Jangan Khawatir Gagal


Saya gagal, gagal lagi, dan gagal terus. Dari kegagalan itulah saya bisa sukses. Michael Jordan


Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Michael Jordan, seorang pemain basket profesional dari Amerika Serikat. Untuk bisa sukses menjadi pemain basket bukanlah perkara mudah baginya, kegagalan yang tidak hanya sekali terjadi pun pernah ia hadapi. Namun, dari kegagalan itulah ia dapat meraup kesuksesan.


Kiranya (,) kata-kata bijak dari Michael Jordan ini bisa Anda jadikan pedoman dalam meraih kesuksesan. Gagal sekali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya itu bukanlah suatu alasan untuk menyerah dalam meraih sukses.


3. Percaya Diri


Percaya diri adalah rahasia utama meraih kesuksesan. Carl Rogers


Seberapa yakin Anda akan kemampuan diri sendiri? Sudahkah Anda memiliki kepercayaan diri untuk meraih kesuksesan? Jika sudah, percayalah kesuksesan akan segera Anda raih, asalkan terus mencoba.


Tetapi, jika keyakinan akan kemampuan diri sendiri saja belum Anda miliki, bagaimana bisa meraihnya? Selalu ingat kata-kata bijak dari Carl Rogers ini, bahwa rasa percaya diri itu penting.


4.  Rajin dan Giat


Sukses adalah milik mereka yang rajin dan giat bekerja. Thomas Alva Edison


Dalam meraih kesuksesan, hal apa yang sudah Anda lakukan? Sukses itu tidak bisa diraih secara instan dan mudah. Jika Anda hanya duduk berdiam diri memikirkan cara untuk meraih kesuksesan tanpa melakukan apapun, niscaya hal itu tidak akan bisa diraih.


Selalu tanamkan dalam diri kata-kata bijak dari Thomas Alva Edison ini, bahwasanya perlu menjadi pribadi yang rajin dan giat untuk bisa sukses. Jangan jadi pemalas yang hanya menginginkan sukses tanpa bertindak apapun, hidup tidaklah semudah itu.


5. Kunci Sukses


Kegagalan adalah kunci sukses, setiap kesalahan mengajarkan kita sesuatu. Morihei Ueshiba


Perjalanan menuju kesuksesan itu bukan perkara mudah. Adakalanya di tengah-tengah perjalanan, Anda terjatuh dan mungkin berjalan terseok-seok. Namun, bukan berarti Anda bisa menyerah di tengah jalan.


Ingatlah selalu bahwa perjalanan yang Anda perjuangkan ini mengarah pada kesuksesan. Jadi, bangkitlah dari kegagalan yang saat ini Anda alami. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran dalam meraih kesuksesan.


Kata-Kata Bijak tentang Kesedihan


Kata-Kata Bijak - Jean de La Fontaine


1. Untuk Anda yang Masih Sendiri


Barangkali Tuhan sedang tidak ingin kamu jatuh cinta. Agar kamu bisa mencintai dirimu lebih lama. Boy Chandra


Apakah Anda masih belum menemukan pasangan yang tepat? Merasa belum mendapatkan satu tambatan hati yang cocok? Jangan khawatir, belum menemukan pasangan bukanlah hal yang patut Anda risaukan.


Jadikan kata-kata yang bijak dari penulis novel ini, bahwasanya ada alasan di balik kesendirian Anda. Bisa jadi, Tuhan ingin Anda mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum orang lain. Jadi, cintailah diri Anda dulu, kelak yang pantas akan datang di waktu yang tepat.


2. Hanya Masalah Waktu


Kesedihan pun akan terbang menjauh seiring dengan kepakan sayap waktu. Jean de La Fontaine


Hidup memang tidak melulu soal kebahagiaan saja, adakalanya hidup diselimuti dengan masalah, duka, dan penyesalan. Namun, bukan berarti Anda harus meratapi dan berlarut-larut dalam kesedihan tersebut.


Percayalah selalu dengan kata-kata bijak tentang waktu yang diungkapkan oleh Jean de La Fontaine ini. Bahwasanya, setiap kesedihan yang Anda alami dan rasakan akan larut dan menjauh seiring berjalannya waktu. Jadi, janganlah merasa masalah dan cobaan yang Anda alami saat ini sebagai akhir dari segalanya.


3. Sudah Tidak Ada Rasa Percaya


Saya tidak merasa sedih ketika Anda membohongi saya. Tapi, saya justru sedih karena tidak bisa percaya lagi kepada Anda. Friedrich Nietzsche


Kata-kata bijak dari filsuf asal Jerman ini memang benar adanya. Ketika seseorang menghkianati atau mendustai Anda, tentu menimbulkan rasa sedih dan kecewa yang mendalam.


Namun, kesedihan itu tidak bertumpu pada alasan dibalik ia berbohong. Akan tetapi sedih karena kini Anda tidak lagi memercayainya. Kirimkan kutipan ini pada teman yang mengkhianati Anda agar ia sadar bahwa perbuatannya itu salah.


4. Belajarlah dari Masa Lalu


Ambil pelajaran dari masa lalu, tinggalkan kenangan buruknya. Jangan biarkan belenggu kesedihan menutupi jalanmu menuju masa depan. Christian Andrianto


Untuk para pejuang kesuksesan, jatuh bangun dan gagal dalam meraihnya adalah hal yang biasa. Adakalanya Anda akan ditimpa segudang cobaan dan masalah dalam mencapai keinginan. Namun, bukan berarti Anda bisa meratapinya dalam penyesalan dan kesedihan.


Biarkan kenangan buruk dan kegagalan tinggal di masa lalu. Ambil sisi positifnya dan tetap berusaha menjadi lebih baik lagi demi meraih masa depan sesuai impian. Tinggalkan kenangan buruk bersama masa lalu dan melangkahlah maju bersama masa depan.


5. Menjadi Orang yang Lebih Baik


Kau harus belajar menanggung beberapa penderitaan dan kesedihan, sebab penderitaan dan kesedihan akan menjadikanmu orang yang lebih baik. Paulo Coelho


Ketika hidup dilanda masalah dan cobaan, janganlah mudah menyerah. Percayalah bahwa Tuhan menciptakan kesedihan sepaket dengan kebahagian. Tetap hadapi segala masalah dan cobaan yang sedang menimpa Anda dengan lapang dada.


Ingatlah selalu kata-kata mutiara yang bijak dari Paulo Coelho ini. Bahwasanya segala penderitaan dan rasa sedih yang menghampirimu saat ini bisa menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi. Asalkan Anda tidak mengeluh dan menyesalkan apa yang sedang terjadi.


Kata-Kata Mutiara yang Bernuansa Islami


Kata-Kata Bijak - Buya Hamka


1. Hidup ini Bukan Surga


Lantas kenapa kalau hidup tidak sempurna? Kehidupan ini bukanlah surga. Nourman Ali Khan


Dalam menjalani kehidupan, ada banyak orang yang berusaha mengejar kesempurnaan. Namun, bukankah di dunia ini tidak ada yang sempurna? Lantas, kenapa mereka mengejar kesempurnaan hidup?


Hidup ini bukanlah semata-mata mengejar kesempurnaan, sebab tempat paling sempurna adalah surga. Jadi, jika Anda menginginkan berada di tempat yang sempurna, banyak-banyaklah berbuat kebaikan biar nanti bisa masuk surga.


2. Takdir Allah


Jangan pernah membandingkan kisah hidup Anda dengan kisah yang ada pada film. Kisah dalam film ditulis penulis naskah, sementara kisah Anda ditulis oleh Allah. Anonim


Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk bisa hidup seperti sebuah cerita dalam film? Di mana skenarionya telah dirancang oleh sang penulis menjadi kisah yang apik dan terkadang berakhir bahagia.


Sebenarnya, apa tujuan dari membandingkan kisah hidup dengan film? Bukankah hidup ini telah dituliskan oleh Allah? Jadi, kisah dan ceritanya tentulah lebih menarik dan penuh kejutan yang luar biasa dibanding kisah film yang dibuat manusia.


3.  Tali Pertolongan Allah


Tali yang paling kuat untuk tempat bergantung adalah tali pertolongan Allah. Buya Hamka


Ketika mendapatkan masalah, kebanyakan orang justru meminta bantuan kepada orang lain. Tak jarang, yang ada justru penyesalan. Pasalnya, tidak semua orang bisa membantu sesamanya dengan ikhlas dan sepenuh hati.


Padahal ada pertolongan yang kuat dan tanpa pamrih, yaitu pertolongan Allah. Maka dari itu, selalu mintalah pertolongan pada Allah atas setiap permasalahan yang Anda alami. Niscaya akan ada petunjuk dan pertolongan dari Allah.


4. Selalu Ingat Allah


Siapa yang mengenal dan menaati Allah, maka ia akan bahagia walaupun berada di dalam penjara yang gelap gulita. Dan siapa yang lalai dan melupakan Allah, ia akan sengsara walaupun berada di istana yang megah mempesona. Habiburrahman El Shirazy


Kata-kata mutiara yang bijak dari novelis asal Semarang ini patut Anda jadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Ingatlah selalu Allah atas apa yang Anda perbuat dan lakukan di dunia ini.


Dengan selalu mengingat Allah di setiap langkah yang Anda ambill, niscaya kebahagiaan akan selalu menyelimuti. Sebaliknya, jika Anda melupakan Allah maka kesengseraanlah yang akan singgah dalam kehidupan Anda.


5. Perbanyak Amal dan Perbuatan Baik


Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. Nabi Muhammad SAW


Banyak orang di dunia ini yang berlomba-lomba mengejar sebanyak-banyaknya harta dan sebagus-bagusnya rupa. Hingga mereka lupa bahwa harta dan rupa terlihat sama di mata Sang Pencipta.


Percuma saja mengejar harta, tahta, dan rupa, kalau tidak pernah beribadah, beramal, dan berbuat kebaikan. Ingatlah selalu kata-kata bijak islami singkat yang diungkapkan Nabi Muhammad ini, bahwa Allah hanya melihat hati dan amal setiap manusia.


Kata-Kata Mutiara Cinta yang Mendalam


Kata-Kata Mutiara - Tere Liye


1. Jatuh Cinta pada Orang yang Sama


Pernikahan yang sukses itu jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. Mignon McLaughlin


Menikah itu bukan hanya perkara status yang mengikat kedua insan untuk kemudian melanjutkan bahtera kehidupan. Menjalani kehidupan pernikahan itu bukan hanya sekadar mencari harta untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tapi, bagaimana dua insan tetap bisa menjaga hati untuk tetap saling mencintai satu sama lain.


Jangan hanya karena sudah terikat status pernikahan, Anda tidak lagi menunjukkan kasih sayang pada pasangan. Selalu tanamkan dalam diri, bahwa pernikahan sukses itu membutuhkan dua orang yang selalu saling mencintai.


2. Cinta Itu tentang Sebuah Perhatian


Cinta itu tentang perhatian. Bagaimana mungkin Anda yang cerdas, bisa mencintai orang yang abai? Mario Teguh


Apakah Anda sudah pernah mencintai seseorang dengan sepenuh hati? Sayangnya, ia tidak membalas cinta yang telah Anda berikan. Lantas, kenapa Anda masih saja mendambakannya?


Ingatlah selalu kata-kata bijak dari Mario Teguh ini, bahwasanya cinta membutuhkan apa yang disebut perhatian. Apabila pasangan Anda tidak membalas perhatian tersebut, untuk apa masih bertahan?


3.  Rahasia Pernikahan Langgeng



Apa yang membuat pernikahan orang tua dulu langgeng berpuluh-puluh tahun? Karena mereka jatuh cinta setiap hari pada orang yang sama. Itulah yang terjadi. Maka, kesedihan apapun, ujian seberat apapun bisa dilewati dengan baik. Tere Liye



Kepada setiap insan yang sedang mencari jodohnya, kriteria apa yang kalian inginkan? Untuk para wanita, apakah kalian mencari pria yang mapan, beriman, juga matang? Lalu, para pria, apakah wanita rupawan yang kalian cari?


Sudahlah, jangan jadikan harta dan rupa sebagai patokan dalam mencari pasangan. Dengarkan selalu kata-kata bijak cinta yang diungkapkan oleh Tere Liye ini, bahwasanya pernikahan itu bisa langgeng bukan karena rupa dan harta. Akan tetapi dikarenakan dua orang yang tetap saling mencintai sehingga bisa melewati ujian atau kesedihan seberat apapun.


4. Cinta Butuh Pembuktian


Cinta adalah perbuatan. Kata-kata dan tulisan indah adalah omong kosong. Tere Liye


Mengatakan “aku mencintaimu” pada pasangan setiap hari itu tidaklah menjadi masalah. Hal ini berguna untuk memberitahunya bahwa Anda memiliki rasa cinta yang mendalam pada pasangan. Namun, bukan berarti tugas Anda selesai sampai di situ saja.


Percuma mengatakan perasaan tiap hari, tapi Anda tidak pernah menunjukkan perhatian kepadanya. Sesekali tunjukkan padanya rasa cinta yang ada pada diri Anda melalui tindakan. Misalnya saja meluangkan waktu bersama, memberinya perhatian, memeluknya dengan hangat, dan tindakan-tindakan lainnya.


5. Jangan Jadi Pengecut


Pengecut terbesar adalah pria yang membangunkan cinta seorang wanita tanpa bermaksud untuk balas mencintainya. Bob Marley


Kepada setiap laki-laki, janganlah Anda menjadi seorang yang pengecut. Jika Anda tidak mencintai seorang wanita, janganlah membangunkan cintanya.


Ingatlah selalu kata-kata mutiara tentang cinta sejati yang diungkapkan oleh Bob Marley ini. Bahwasanya lelaki pengecut itu berusaha membuat wanita mencintainya tanpa ingin membalas cintanya.


Kata-Kata Mutiara Semangat Hidup


Kata-Kata Bijak - Andrie Wongso


1. Tidak Harus Kerja di Kantor


Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar pelamar kerja. Bob Sadino


Di dunia, ada banyak orang yang merasa putus asa hanya karena tidak mendapatkan pekerjaan. Padahal sebenarnya lapangan pekerjaan itu ada banyak. Hanya saja mereka lebih mementingkan gengsinya untuk bekerja di perusahaan bonafide.


Apapun pekerjaan yang sedang Anda lakoni saat ini, asal digeluti dengan baik dan sepenuh hati juga akan menghasilkan berkah yang luar biasa. Kalau toh tak kunjung mendapat pekerjaan, mungkin Anda bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri. 


2. Bukan Berarti Tidak Pernah Gagal


Apakah orang-orang sukses pernah gagal? Mereka mungkin akan bertanya kembali, kegagalan ke berapa yang Anda mau dengar. Andrie Wongso


Ketika Anda membaca buku, apakah langsung menuju halaman terakhir? Tentu tidak. Anda pasti akan membaca dari halaman pertama untuk mengetahui esensi dari cerita yang dibaca. Kalau hanya membaca akhir cerita yang mungkin bahagia, bagaimana Anda bisa tahu alur dari ceritanya?


Begitu juga ketika Anda melihat seseorang yang saat ini telah meraup kesuksesan. Mungkin, Anda hanya mengetahui hasil akhirnya saja tanpa menilik segala usaha yang telah ia kerahkan selama ini. Pastinya, dalam mencapai kesuksesan tersebut ada banyak kegagalan yang tidak banyak orang ketahui.


3. Cintai Pekerjaan Anda


Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda takkan pernah sukses, tetapi jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan selalu mengutamakan kepentingan pelanggan, kesuksesan akan ada di tangan Anda. Ray Kroc


Apakah tujuan Anda dalam bekerja? Apakah untuk mengumpulkan banyak uang? Jika iya, cobalah untuk membaca juga memahami kata-kata mutiara yang bijak dari pengusaha makanan cepat saji ini.


Bahwasanya, jangan jadikan uang sebagai tujuan utama dalam bekerja. Tekuni dan cintai apapun pekerjaan yang Anda miliki sekarang, maka kesuksesan akan segera Anda raih.


4. Carilah Kegagalan


Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Bob Sadino


Di dunia ini, orang mana yang tidak ingin sukses? Pastinya semua orang menginginkan kehidupannya lebih baik lagi dengan meraup kesuksesan. Sayangnya, tidak semua orang benar-benar mengusahakan hal tersebut.


Kesuksesan itu tidak datang dengan instan, Anda harus mengupayakannya dengan kerja keras. Seperti halnya kata-kata mutiara bijak dari Bob Sadino ini, bahwa Anda juga bisa gagal dalam mencapai kesuksesan. Dari kegagalan-kegagalan itulah Anda akan berusaha lebih keras untuk meraih tujuan hidup.


5. Lewati Kegagalan


Orang yang sukses adalah orang yang mampu bertahan melewati kegagalan demi kegagalan sampai dia mencapai pintu kesuksesan. Christian Andrianto


Buat Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam meraih kesuksesan, janganlah berkecil hati. Selalu ingat kata-kata mutiara bijak dari Christian Andrianto ini, bahwasanya untuk bisa menuju sukses Anda harus melewati kegagalan.


Dengan kata lain, apabila Anda tidak bisa bertahan dalam melewati kegagalan maka pintu kesuksesan tidak akan terbuka. Untuk itu, bertahanlah dan berjuanglah untuk meraih harapan serta mimpi yang Anda perjuangkan.


Kata-Kata Mutiara untuk Sahabat


Kata-Kata Mutiara - Aristoles


1. Bahagia Bersama Sahabat


Persahabatan meningkatkan kebahagiaan, dan meredakan kesengsaraan, dengan cara menggandakan kegembiraan kita, dan membagi kesedihan kita. Marcus Tullius Cicero


Apalah arti hidup tanpa kehadiran sahabat? Bersama merekalah Anda berbagi kisah, baik bahagia maupun duka. Seperti halnya yang dikatakan seorang negarawan Romawi kuno bernama Marcus Tullius Cicero ini.


Bahwasanya persahabatan yang baik itu akan memberikan semangat dan kebahagiaan Anda. Bahkan mereka adalah orang-orang yang akan mengurangi kesedihan yang Anda rasakan. Jadi, selalu jaga hubungan persahabatan kalian.


2. Terima Kasih Teman




Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu. Fiersa Besari




Pernahkah Anda merasa terpuruk, di mana tidak ada satu orang pun berpihak pada Anda? Atau, pernahkah Anda merasa semua orang seolah membenci juga tidak ada satupun yang berada di sisi Anda? Lantas kepada siapa Anda harus memasrahkan hati yang sedang terluka tersebut?



Itulah gunanya seorang sahabat, ketika semua orang mencaci Anda, sahabatlah yang akan berada di sisi Anda. Oleh karenanya, carilah sahabat yang sekiranya akan merangkul dan mencari Anda dalam situasi apapun.



3. Satu Jiwa


Apakah sahabat itu? Satu jiwa yang berada dalam dua tubuh yang berbeda. Aristoteles


Ketika Anda mendengar kata sahabat, apa yang terlintas dalam benak Anda? Mungkin, bagi Anda sahabat adalah seseorang yang selalu ada untuk menemani, baik dalam suka maupun duka. Ya, hal itu memang benar adanya, bukan sahabat namanya jika hanya bersama Anda dalam bahagia saja.


Terlepas dari peran sahabat, mereka adalah orang yang sefrekuensi dengan Anda. Entah itu soal percakapan, selera, atau tujuan hidup. Seperti halnya yang diungkapkan Aristoteles dalam kata-kata mutiara singkat di atas.


4. Ingatkan Sahabat Secara Pribadi


Koreksilah sahabat Anda secara pribadi, tetapi pujilah dia di depan umum. Leonardo da Vinci


Mungkin Anda pernah memiliki orang dekat yang mengaku sahabat. Ia selalu bersikap manis dan baik di hadapan Anda dan seolah-olah Anda adalah sahabat terbaik dalam hidupnya.


Padahal pada kenyaataanya, ia yang mengaku sahabat malah selalu menjelak-jelekkanmu di hadapan orang lain. Hakikatnya, seperti kata-kata mutiara bijak dari Leonardo da Vinci, sahabat adalah mereka yang justru mengatakan secara langsung kejelekan Anda. Tapi seorang sahabat sejati akan memuji Anda di depan umum.


5. Hidup Sunyi Tanpa Sahabat


Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat hidup akan terlalu sunyi. Pramoedya Ananta Toer


Kata-kata mutiara bijak dari penulis novel asal Blora ini memang benar adanya. Bahwasanya, setiap insan di dunia ini membutuhkan seorang sahabat dalam menjalani kerasnya kehidupan.


Tanpa kehadiran sahabat, kehidupan seseorang akan terasa hampa dan sunyi. Oleh karena itu, jagalah persahabatan yang kini telah Anda jalin supaya tetap harmonis, jangan sampai merusak hubungan kalian.


Jadilah Pribadi yang Bijak dalam Menjalani Kehidupan


Sudah membaca kumpulan kutipan dari tokoh filsuf, motivator, atau penulis novel di atas? Kata-kata mutiara manakah yang sesuai dengan kisah hidup Anda? Semoga dengan adanya kutipan di atas membuat Anda semakin termotivasi dalam menjalani hidup.


Kehidupan apapun yang sedang Anda jalani sekarang, tetaplah bersemangat dalam menjalaninya. Tetaplah menjadi pribadi yang bijak dalam menyikapi setiap roda kehidupan yang berputar. Semangat!





Nantikan terus informasi terupdate seputar Contoh Surat, Quotes, Kata-Kata dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Ucapakankata.my.id. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow dan ikuti Ucapakankata.my.id. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama